Pengendali Motor Hubung Star - Delta Sederhana Tanpa Timer

Semangat Pagi teman-teman kali ini saya akan memberikan kontrol Pengendali Motor  Hubung Star-Delta paling sederhana tanpa menggunakan Timer
Siapkan bahannya dulu ya...
Disini saya akan menyimulasikan menggunakan program PLC ZelioSoft2, bagi yang belum punya software aplikasi ZelioSoft2 download aja gratis disini, pengenalan fungsi dan cara pengoperasian aplikasi PLC ZelioSoft2 ada juga disini.

Sebelum membuat Pengendali Motor Hubung Star-Delta alangkah baiknya mengetahui mengapa motor hubung Star atau Delta ?
Beban dengan inersia yang tinggi/ besar akan menyebabkan waktu starting motor menjadi lama untuk mencapai kecepatan nominalnya. Selama periode starting tersebut, maka pada stator dan rotor akan mengalir arus yang besar sehungga bisa terjadi pemanasan berlebih (overheating) pada motor. Lebih buruk lagi menyebabkan gangguan pada sistem jala-jala sumber listriknya sehingga akan menurunkan tegangannya. hal ini akan mengganggu beban listrik lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, suatu motor induksi seringkali di start dengan level tegangan yang lebih rendah dari tegangan nominalnya. Pengurangan tegangan starting tersebut akan membatasi daya yang diberikan ke motor, namun demikian disis lain pengurangan tegangan ini akan berdampak memperpanjang waktu/ periode starting (waktu yang  dibutuhkan untuk mencapai kecepatan nominalnya).

oke kita langsung liat diagram powernya ya...
kira-kira begini gambarnya :


Bisa kita lihat saat hubung delta tiap fasa melewati 1 kumparan dan saat hubung star tiap fasa melewati 2 kumparan, silahkan simpulkan sendiri ya...

Setelah paham lanjut ke pengontrolan motor hubung star-delta ya berikut gambarnya :




Gambarnya mungkin sulit dipahami tapi coba kita perhatikan bersama...

Untuk komponen menggunakan 1 Tombol yang bisa NO/NC untuk menghubung star/delta, 1 Tombol NC untuk Stop dan 3 buah kontaktor untuk pengaman silahkan ditambahkan seperti OL current atau sejenisnya..

Untuk cara kerja nya Kontaktor yang bekerja saat hubung STAR yaitu Kontaktor M1 dan M2, waktu hubung DELTA M1 dan M3.
Saat ditekan Tombol ON Star maka M2 ON sehingga kontak NO M2 bisa mengalirkan power ke M1 dan dikunci dengan kontak NO M1. (ini yang nekan agak lama ya kira-kira putaran udah stabil maklum ini model paling sederhana) 
Setelah Tombol ON Star tidak ditekan maka akan menghidupkan kontaktor M3 yang sebelumnya sempat dihalangi kontak NO M1 dan di amankan oleh kontak NC M2.
sudah jelas kan, kalau masih kurang jelas coba dipelajari sendiri ya...
semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews