Memperbaiki UPS yang mati total

Ini adalah contoh UPS yang saya gunakan untuk kepentingan mengoperasikan 1 unit PC dan 1 unit IP Phone. UPS ini mengalami trouble seperti yang sedang kita bicarakan. ketika power ditekan untuk menghidupkan, UPS tidak menunjukkan reaksi apapun.

Pada gambar Samping, seharusnya ketika UPS saya tekan tombol power (nyalakan), maka akan bereaksi signal LED secara berurutan mulai dari "Battery" lalu naik menuju ke "Normal".

Untuk memastikan apa penyebab dari kerusakan ini,maka kita cek terlebih dahulu Fuse ( sekering / pengaman / pemutus arus) dari UPS yang terletak di bagian belakang desain body UPS.

Jika tembaga FUSE tidak putus, maka dipastikan , penyebabnya pasti yang berhubungan dengan circuit board ataupun Bateraynya.

PENTING!!!
Pilih cara termudah terlebih dahulu ketika memperbaiki kerusakan jangan sampai malah merusaknya, Prinsip dasar dari rangkaian UPS adalah rangkaian converter, rechargeable battery dan inverter. Arus listrik AC dari PLN perlu diubah menjadi arus searah (DC) agar dapat disimpan didalam battery ( penyimpan listrik), lalu diubah kembali oleh battery menjadi arus bolak balik ( AC) 220V agar dapat mensuplay tegangan piranti elektronik yang menggunakan arus AC. Untuk piranti elektronik yang menggunakan arus DC, produsen UPS sudah menyediakan slot khusus.


Jika UPS mati total, maka kemungkinan termudah adalah tidak adanya atau lemahnya tegangan yang mensupply sistem rangkaian elektroniknya, sehingga ketika tombol power dinyalakan, tidak ada reaksi apapun. Maka hal ini bisa terjadi karena battery-nya sudah tidak berfungsi dengan baik
*karena battery di UPS ini juga berfungsi juga untuk relay power ON UPS saat pertama kali dinyalakan.


Namun sebelum berkeputusan menggantinya battery lama dengan battery baru maka perlu dilakukan test battery dengan multitester untuk mengetahui kondisi battery.

*di keadaan ini batterey UPS saya ternyata sudah tidak bertegangan lagi, mungkin ini penyebabnya.

Untuk proses selanjutnya, silahkan anda baca posting yang berkaitan dengan ini.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews