ELCB Sebagai Pengaman Untuk Kita Para Teknisi Dari Listrik

Sebagai Teknisi Listrik di sebuah Gedung kita sangat beresiko terkena sengatan listrik apalagi kita belum mengetahui instalasi yang ada di gedung kita, sengatan listik dapat kita hindari secara tidak langsung dengan memasang ELCB.


Sebelum lanjut menjelaskan manfaat dari ELCB, ada baiknya kita ketahui dulu informasi dari alat ELCB tersebut. ELCB itu sendiri singkatan dari  ( Earth Leakage Circuit Breaker ). Prinsip kerjanya adalah mendeteksi adanya arus bocor baik pada gangguan tanah maupun gangguan terhadap ground, dengan cara membandingkan nilai antara fasa dan netral dari suatu sistem. Dimana arus yang keluar melalui titik fasa dan netral pada suatu sistem instalasi selalu berbanding lurus (seimbang). Apabila ada perbedaan nilai pada titik fasa dan netral yang diakibatkan oleh adanya gangguan tidak seimbang antara titik fasa terhadap tanah atau ground maka ELCB tersebut akan memutuskan aliran listrik pada suatu sistem.

Dengan menggunakan ELCB pada sistem instalasi listrik diharapkan bahaya yang diakibatkan oleh adanya gangguan tegangan sentuh terhadap manusia dari jaringan instalasi dapat dinetralisir sehingga aman bagi manusia. Namun untuk memasang ELCB pada suatu sistem instalasi yang harus diperhatikan adalah Instalasi listrik yang ada hendaknya diperiksa dulu agar tidak ada gangguan tanah atau ground, karena dengan gangguan tersebut arus listrik yang mengalir pada titik fasa melebihi 30 mA sesuai ketentuan sensitivitas ELCB sebesar 30 mA mengakibatkan ELCB yang di pasang akan Trip (jatuh) walaupun tidak ada gangguna tenganan sentuh.

Dari informasi diatas bahwa pemasangan ELCB pada instalasi listrik sangat bermanfaat bagi keamanan Teknisi dari tengangan sentuh, dengan cara mendeteksi aliran arus yang melewati tubuh manusia.
Selanjutnya bagaimana cara pemasangan ELCB tersebut ?
kalau ada yang pernah memasang silahkan meninggalkan jejak... 

1 comment:

Total Pageviews