Membuat Kontrol Pompa Air jilid 1

Dirumah cuma ada pompa air manual tidak menggunakan otomatis atau tambahan tempat penampungan air, padahal penggunaan air berada di depan dan belakang rumah yang jaraknya lumayan jauh hmmm repotkan kalau harus bolak-balik matiin saklar pompa jika saklar dibelakang begitu juga sebaliknya,

Dari keadaan di atas saya berfikir untuk membuat kontrol pompa air bisa ON atau OFF lewat satu tombol saja dan saya pasang 2 di depan dan belakang, ya sejenis saklar tukar di instalasi penerangan rumah. iseng-iseng saya buka simulator Zeliosoft2  dan mencoba membuat kontrol yang saya harapkan, ternyata bisa saya simulasikan dengan lancar menggunakan simulator di Zeliosoft2.
berikut penampakannya:



dari simulasi di atas saya harus menyiapkan 2 buah tombol NO, dan 3 Buah Relay atau Kontaktor untuk merealisasikannya.

cara kerja dari rangkaian di atas :
Bila Saklar / Tombol ditekan (bisa yang depan rumah atau yang belakang rumah) maka M1 pada gambar akan mendapat input dan Q1 pada gambar juga ikut dapat input dari kontak NO M1 pompa bisa berfungsi, 
Selanjutnya jika ingin mematikan tekan lagi tombol terdekat aja maka M2 akan ON untuk memutus input di Q1 pada gambar dan pompa mati.

sekian dulu, nunggu realisasi pembuatan kontrol untuk posting berikutnya...
semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews